Blog

Posted in kesehatan

Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan

Pantat merupakan anggota tubuh yang seringkali ditutupi. Sebabnya karena pantat terletak dekat dengan area alat kelamin. Seringnya, rasa gatal muncul di pantat. Gatal ini biasanya muncul akibat beberapa alasan. Ketahui Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan

Selamat datang kembali di website Teh Herbal Untuk Menyehatkan Usus yang tak lain adalah salah satu situs miliki Alfian Herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin berkhasiat yang pembuatannya menggunakan bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Seperti biasanya Alfian Herbal tidak hanya memberikan solusi untuk pengobatan berbagai penyakit, karena kami juga akan memberikan informasi mengenai Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

penyebab-pantat-sering-gatal-tak-karuan

Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan — Saat berjalan, kadang kala kita mengalami rasa gatal pada pantat yang membuat kita dilema. Di satu sisi, kita tentu akan merasa malu untuk menggaruk pantat karena akan terasa kurang sopan dan dilihat beberapa orang di belakang.

Sayangnya, rasa gatal pada pantat tentu akan sangat ingin untuk digaruk, bukan? Yang menjadi masalah adalah, kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di pantat kita sehingga terasa sangat gatal. Padahal, bisa jadi pantat yang gatal ini mengalami iritasi atau bahkan masalah kulit kemerahan yang harus ditangani.

Beberapa penyebab pantat sering gatal

  • Kurang Menjaga Kebersihan

Pantat adalah area yang dekat dengan anus, tempat keluarnya kotoran manusia. Karena kotoran sendiri penuh dengan bakteri dan kuman, maka kamu wajib menjaga kebersihan pantat. Pantat juga menjadi tempat menumpuknya debu, keringat, dan kotoran. Hal inilah yang kemudian membuat munculnya rasa gatal.

  • Adanya Parasit Di Pantat

Parasit yang bersarang di pantat juga dapat menyebabkan gatal. Dan anak-anak seringkali mengalaminya. Parasit yang bisa berupa cacing ini akan bergerak di sekitar anus untuk kemudian bertelur dan membuatmu mengalami rasa gatal.

  • Konsumsi Makanan Tertentu

Mengonsumsi makanan tertentu ternyata juga bisa membuat pantat jadi gatal. Beberapa jenis makanan seperti makanan pedas, susu, maupun buah anggur atau jeruk bisa membuatmu mengalami rasa gatal. Sebabnya makanan tersebut akan memicu alergi dan berakhir dengan gatal-gatal.

  • Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual atau PMS mampu menimbulkan rasa gatal di pantat. PMS seperti herpes, sifilis, atau gonore akan membuat area anus jadi gatal.

  • Penyakit Kulit

Penyakit kulit yang muncul di pantat juga bisa menimbulkan rasa gatal. Terutama penyakit kulit yang disebut dengan Seborrheic Dermatitis. Penyakit kulit ini akan membuat kulit pantatmu jadi bersisik dan menimbulkan rasa gatal terutama di pangkal paha, telinga, ketiak, dan bahkan kulit kepala.

  • Infeksi Jamur

Infeksi jamur yang dipadukan dengan infeksi bakteri mampu menyebabkan sensasi gatal. Jika kamu mengalami kondisi ini, oleskan salep kulit untuk mengatasinya.

  • Wasir

Wasir tak hanya menimbulkan gangguan di dalam tubuh, namun juga membuat kulit pantat jadi gatal. Bahkan sembelit yang menyertai wasir akan menyebabkan gatal makin menyiksa.

  • Kulit Kering

Terkadang, cuaca yang terlalu panas akan membuat kulit jadi kering. Begitu pula dengan kulit pantat. Hasilnya, rasa gatal pun muncul.

  • Diare

Diare yang terjadi di dalam saluran pencernaan juga bisa membuat pantat gatal. Sebabnya, diare yang membuat kamu seringkali buang air akan mengakibatkan area pantat seringkali bersentuhan dengan air. Kulit akan lembab dan menjadi gatal. Bahkan bisa menimbulkan iritasi.

Nah itu dia Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan. Selain alasan diatas, gatal di pantat juga bisa disebabkan oleh penyakit seperti eksim atau inverse psoriasis. Jika hal ini terjadi, maka konsultasikan dengan dokter. Serta jangan menggaruk pantat terlalu keras sebab kulit pantat adalah area yang sensitif sehingga garukan yang keras akan mengakibatkan kulit jadi iritasi. Sekian dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet

Penyebab Pantat Sering Gatal Tak Karuan

Posted in kesehatan

Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet

Permen karet memang baik untuk kesehatan, namun jika terlalu sering mengkonsumsinya juga akan berdampak buruk pada tubuh kita. Ketahui Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet

Selamat datang kembali di website Teh Herbal Untuk Menyehatkan Usus yang tak lain adalah salah satu situs miliki Alfian Herbal yang merupakan tempat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin berkhasiat yang pembuatannya menggunakan bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia sedikitpun. Seperti biasanya Alfian Herbal tidak hanya memberikan solusi untuk pengobatan berbagai penyakit, karena kami juga akan memberikan informasi mengenai kesehatan bahaya sering mengkonsumsi permen karet, bagi anda yang belum mengetahuinya, simak saja langsung info selngkapnya berikut ini.

bahaya-yang-mengintai-para-pecandu-permen-karet

Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet — Permen karet telah begitu akrab bagi masyarakat Indonesia. Sebab, berbagai kegiatan bisa dibarengi dengan mengunyah permen karet. Ada banyak alasan yang mendorong orang gemar mengkonsumsinya. Misalnya sedang proses berhenti merokok atau sedang mencobat mengurangi makan.

Tahukah anda, konsumsi permen karet secara terus-menerus dapat mendorong berbagai dampak negatif? Dari jangka pendek hingga jangka panjang bisa terjadi. Nah dibawah ini adalah dampak negatif sering makan permen karet :

  • Sakit Kepala

Sebanyak 30 responden berusia 16-19 tahun mengonsumsi permen karet setiap hari dan sebanyak 19 orang merasakan sakit kepala. Ketika berhenti selama sebulan sakit kepala itu hilang. Setelah merasa sakit kepala tersebut hilang mereka mencoba mengonsumsi lagi, hasilnya sakit kepala muncul lagi.

  • Mendorong Mengkonsumsi Junk Food

Banyak orang mengunyah permen karet dengan tujuan mengurangi asupan makan. Cara ini tidak berhasil, yang ada malah muncul keinginan mengonsumsi makanan berkualitas rendah. Sebab, permen karet membuat sayuran terasa pahit.

  • Menyebabkan Temporomandibular Joint Disorder (TMJ)

TMJ yaitu disfungsi sendi-sendi di sekitar rahang. Bahkan mendorong penyakit pada gigi, telinga, hingga kepala.

  • Menyebabkan Penyakit Pencernaan
Saat mengkonsumsi permen karet maka akan membuat anda cenderung untuk menelan banyak udara sehingga menyebabkan sakit perut dan juga kembung. Selain itu juga permen karet mengandung pemanis buatan yang tidak baik bagi bagi kesehatna tubuh seperti sorbitol dan mintol yang dapat mengakibatkan diare, alergi dan juga sakit kepala.
  • Kerusakan Gigi
Kebanyakan bahkan hampir semua permen karet mengandung gula yang dapat menempel pada gigi anda secara menyeluruh. Sehingga bagi anda yang gemar mengunyah permen karet namun tidak membersihkan gigi anda dengan baik maka bisa jadi zat gula yang tersisa di gigi akan membusuk dan dapat merusak gigi.

Nah, itulah Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet. Jadi sebaiknya batasi jumlah konsumsi permen karet jika tidak ingin dampak buruk seperti diatasi mengintai anda. Sekian dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA : Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam

Bahaya Yang Mengintai Para Pecandu Permen Karet

Posted in kesehatan

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam

Anda sering merasa kaki lelah dan pegal? Atau ingin kaki yang lebih cantik terawat? Cobalah untuk merendam kaki anda dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Karena, terdapat banyak Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam

Sebelumnya selamat datang di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World yang menyediakan berbagai macam obat herbal alami berkhasiat yang kami jual secara online dengan sistem pelayanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu Setelah Barang Datang Baru Transfer Pembayaran“.

manfaat-merendam-kaki-dengan-air-hangat-dicampur-garam

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam — Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang penting karena menopang berat badan kita dan membuat kita bebas beraktivitas sepanjang hari. Memanjakan dan menjaga kesehatan kaki adalah hal yang wajib dilakukan, karena masalah pada kaki tidak hanya membuat anda tidak nyaman, tapi juga menganggu aktivitas anda juga bukan?

Salah satu cara mudah memanjakkan adalah merendam kaki pada air garam hangat. Ternyata cara tersebut tidak hanya membuat kaki lebih rileks, tapi juga menyehatkan organ tubuh lainnya. Menurut ahli refleksologi, kaki mempunyai 72 ribu syaraf yang berhubungan dengan area lain dalam tubuh, karena itu tak heran jika Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan sehat dengan melakukan terapi tersebut.

Nah, berikut manfaat menrendam kaki dengan air garam hangat

  • Untuk Menghilangkan Bau Kaki

Saat kita melepas sepatu, ada bau yang tidak sedap menguar ke udara. Ternyata bau tersebut berasal dari kaki kita. Keadaan ini sangat mengganggu, apalagi ketika berada di tempat umum. Orang di dekat kita bisa terganggu juga dengan bau itu. Jika mengalami masalah ini, resep merendam kaki dengan air hangat garam dapat dicoba.

  • Mengatasi Kulit Pecah-Pecah

Merendam kaki dalam air hangat plus garam dapat mengangkat kulit mati. Sehingga berefek pada kulit kaki yang segar. Utuk kaki pecah-pecah dan kasar, atasi dengan terapi ini. Akan tetapi sebagai tambahan gunakan juga minyak zaitun. Minyak zaitun yang terkandung didalamnya dapat menghaluskan kulit sehingga kulit terhindar dari pecah-pecah dan kulit kasar.

  • Mengatasi Flu, Meriang dan Batuk

Tiga penyakit tersebut dapat diatasi dengan merendam kaki di air hangat campur garam. Keringat yang dihasilkan saat proses perendaman membuat tubuh jadi segar dan sakit berkurang.

  • Melegakan Tenggorokan

Selain flu, rendam kaki dengan air hangat garam juga bermanfaat sebagai pelega tenggorokan.

  • Untuk Relaksasi

Ini yang sudah pasti. Baik berendam di air hangat atau air hangat garam memiliki efek serupa. Untuk hal serupa, yoga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih santai, yang baik untuk kesehatan juga kecantikan lebih terpancar.

  • Sirkulasi Darah Jadi Lancar

Air hangat yang dicampur dengan garam pun bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Tak hanya air hangat garam, tetapi juga air hangat biasa. Jangan lupa konsumsi juga umbi dewa, karena umbi dewa juga baik untuk melancarkan peredaran darah di seluruh tubuh hingga ke otak. 

  • Menghilangkan Kuman dan Bakteri yang Bersarang di Kaki

Segala macam kuman dan bakteri penyebab kaki bau, kaki kasar, dapat diatasi dengan merendam kaki menggunakan air hangat yang diberi garam.

Nah, itulah Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam. Ternyata tindakan yang terlihat sepele ini justru mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Sekian dan semoga bermanfaat.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com  untuk mengetahui informasi penting dan menarik lainnya mengenai kesehatan.

Manfaat Merendam Kaki Dengan Air Hangat Dicampur Garam

Posted in kesehatan, olahraga

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Berolahraga memang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tapi ternyata berolahraga juga memiliki efek samping. Kadang, tubuh bereaksi terhadap kegiatan berolahraga dengan cara yang negatif.

Selamat datang di halaman resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami menyediakan layanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran” Kami menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Pada halaman ini kami akan mengutif ulasan mengenai beberapa faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

166994_620

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya – Menjalankan rutinitas olahraga memang membutuhkan stamina dan fisik yang kuat dari orang yang melakukan. Di samping sebagai sarana untuk meningkatkan aktivitas tubuh, olahraga juga merupakan gaya hidup sehat yang harus di biasakan sejak dini. Hal ini penting agar di masa mendatang tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Olahraga teratur berperan besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Namun olahraga tidak jarang membuat mual mual perut dimana akan dirasakan setelah selesai olahraga. Namun mual setelah melakukan olahraga masih dinilai wajar selama tidak berlangsung secara berkesinambungan atau berkepanjangan.

Setelah olahraga merasa sakit dan bahkan muntah memang dapat terjadi, biasanya hal ini dikarenakan kita tidak memiliki cukup asupan air atau karena makan terlalu banyak. Agar terhindar dari mual, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti, buah, yoghurt, dan minuman olahraga rendah gula sebelum berolahraga. Untuk lebih jelasnya mengenai faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya, simak lah penjelasnya berikut ini

Penyebab mual setelah berolahraga

154595_olahraga-lari_663_3821. Karena Jarang Berolahraga

Seseorang yang kurang olahraga kondisi otot perutnya akan kaku dan tidak melemas sehingga terasa seperti dipaksakan untuk tetap bergerak ketika pembakaran kalori terjadi. Jarang olahraga dapat memicu lambung menjadi terasa tidak nyaman, hal ini menyebabkan mual-mual setelah olahraga selesai.

2. Karena Tubuh dalam Keadaan Kurang Fit

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berat dalam keadaan tubuh tidak fit yang kemungkinan dikarenakan kurang tidur dan merasakan kelelahan akibat tugas kerja yang dilakukan pada larut malam. Tubuh yang kurang fit akan menyebabkan lambung akan merasa tertekan ketika sedang berlangsung gerakan gerakan yang membakar kalori. Kondisi dapat menimbulkan mual mual.

3. Karena Olahraga Tanpa Pemanasan

Melakukan olahraga tanpa peregangan atau pemanasan terlebih dahulu dapat memicu terjadinya kaku dan kram otot perut yang akhirnya dapat menimbulkan mual mual setelah olahraga selesai.

4. Karena Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kadar gula tinggi atau karbohidrat seperti nasi putih, roti, cokelat, donat dan lain lain. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi dapat mengurangi energi lebih banyak agar tubuh dapat mencernanya hal ini akan menyebabkan mual ketika selesai olahraga.

5. Jangan Minum Susu Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga sebaiknya jangan mengkonsumsi segelas susu hangat karena zat protein pada susu dapat membakar lebih cepat kalori yang ada dalam tubuh dan memicu peningkatan asam lambung.

index6. Olahraga Terlalu Berat

Melakukan olahraga dengan posisi yang tidak terbiasa dan secara terus menerus maka tubuh akan terasa seperti tertekan dan terpaksa untuk melakukannya. Lakukan saja gerakan yang ringan yang tidak perlu langsung pada yang berat berat. Gerakan berat dan tidak teratur dapat memicu mual pada lambung dan ulu hati menjadi tidak nyaman, keadaan ini akan menimbulkan muntah jika Anda tidak segera menyudahi gerakan-gerakan tersebut.

7. Minumlah Air Putih Sebelum Olahraga

Jika sebelum olahraga tidak mengkonsumsi cukup air putih maka tubuh akan kehilangan cairan ketika sedang melakukan olahraga maka akan mempercepat dehidrasi dan memicu naiknya keasaman pada lambung yang membuat mual dan perih.

8. Tidak Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan sebelum melakukan olahraga, misalnya obat untuk menyembuhkan lemah jantung atau penyakit hipertensi karena zat kimia pada obat-obatan tersebut akan menekankan mengiritasi dinding lambung dan memicu peningkatan asam lambung setelah selesai olahraga.

9. Wanita yang akan Menstruasi Sensitif Terkena Mual

Pada wanita yang akan memasuki masa menstruasi misalnya 3 hari lagi waktu menstruasi setelah selesai olahraga bagian perut akan terasa kencang dan mual mual karena hormon mulai mengendalikan siklus menstruasi yang sebentar lagi terjadi.

10. Alkohol Biang Keladi Datangnya Mual

Seseorang yang pada malam hari mengkonsumsi minuman beralkohol dan pada keesokan harinya melakukan olahraga lari, maka efek alkohol yang yang telah berubah menjadi racun tersimpan di dalam tubuh tidak sepenuhnya keluar bersama air kencing dan keringat, melainkan masih banyak yang mengendap di dalam jaringan perut yang menjadi biang keladi pemicu rasa mual setelah olahraga selesai.

11. Perut Terlalu Kenyang

Kesalahan besar jika seseorang yang ingin melakukan olahraga sebelumnya menyantap makanan yang berat seperti nasi lengkap bersama lauk pauknya dan ketika dalam keadaan perut penuh dan terlalu kenyang maka lambung akan bekerja berat untuk mencerna dengan baik dan menekan dinding laju sehingga memicu meningkatnya asam lambung setelah olahraga selesai.

12. Karena Sembelit

Seseorang yang mengalami sembelit beberapa hari lebih baik lakukan olahraga yang tidak terlalu banyak menguras energi misalnya jalan pagi dengan kecepatan sedang atau lari santai. Sembelit dapat membuat perut jadi mulas dan nyeri ketika selesai olahraga.

13. Karena Masuk Angin

Ketika tubuh terserang masuk angin janganlah melakukan olahraga apapun. Sembuhkan terlebih dahulu masuk anginnya dengan obat herbal seperti jamu yang dibuat khusus untuk menyembuhkan masuk angin termasuk air jahe hangat. Masuk angin dapat mempercepat timbulnya mual dan perih pada lambung setelah selesai olahraga dan tidak akan melenyapkan masuk angin Anda tetapi sebaliknya memperburuk kondisi tubuh.

14. Karena Penyakit Maag Kronis

Seseorang yang mempunyai penyakit maag kronis dan sering kambuh sebaiknya mencari olahraga yang ringan tetapi teratur dilakukan, misalnya jalan santai pada pagi hari atau kecepatannya disesuaikan kemampuan. Orang yang menderita sakit maag makan akan kambuh (mual mual) setelah selesai olahraga karena berhubungann dengan melonjaknya asam lambung.

15. Jangan Mengkonsumsi Kopi

15 menit sampai 30 menit menjelang olahraga hindarilah minuman kopi dan teh pahit tanpa gula, karena kafein akan memicu perut menderita mual mual dan perih ketika olahraga usai atau bahkan sebelum olahraga selesai.

16. Makanan Berkadar Merkuri Pemicu Mual

Seseorang yang alergi dengan berbagai masakan hasil laut seperti kepiting, lobster, kerang, tiram, bulub babi, belut laut dan sebagainya jangan pernah mengkonsumsinya pada malam hari. Selain akan terkena serangan gatal gatal karena alergi, zat logam yang ada hewan-hewan tersebut dapat mengendap lalu mengikat cairan tubuh dan meningkatkan asam lambung ketika kesesokan harinya ketika Anda menjalankaan olahraga seperti lari pagi atau jalan cepat.

096651300_1471336551-exerciseds17. Karena Diet Ketat

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet ketat sebaiknya melakukan olahraga yang ringan ringan saja, namun dilakukan secara teratur, diet ketat dapat menimbulkan dinding lambung menjadi mudah tertekan dan terluka hingga menyebabkan rasa mual dan perasaan tidak nayaman pada area perut dan kandung kemih.

Cara Mengatasi Mual Ketika Selesai Olahraga

  • Tidak memakan apapun sebelum melakukan olahraga karena hanya akan mengganggu pencernaan ketika mencerna, kondisi ini akan menimbulkan mual
  • Tidak mengkonsumsi kopi atau teh, karena efek kafein dapat memicu naiknya asam lambung
  • Tidak mengkonsumsi susu 15 sampai 30 menit menjelang olahraga
  • Tidak sedang menjalani program penyembuhan penyakit maag
  • Tidak memakai baju terlalu ketat yang dapat menimbulkan penekanan pada seputar perut
  • Tidak menyantap makanan yang pedas, asam, manis dan bersantan sebelum melakukan olahraga
  • Jika badan tidak enak atau terserang masuk angin lebih baik tangguhkan dulu olahraga Anda
  • Jika pagi ingin melakukan olahraga sebaiknya pada malam harinya tidak mengkonsumsi alkohol
  • Melakukan pemanasan dan peregangan tubuh sebelum melakukan olahraga yang sebenarnya
  • Minumlah air putih sebelum olaharaga untuk menghindari dehidrasi ketika sedang berolahraga

Itulah faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya. Berolahraga memang baik bagi tubuh, tapi kita juga harus pintar-pintar mempersiapkannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Tips mengurangi resiko cedera saat berolahraga

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat yang berkaitan dengan kesehatan.

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Posted in kesehatan, olahraga

Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Berolahraga

Ingatlah untuk memeriksa keadaan kesehatan anda sebelum mengikuti kegiatan olahraga apapun, terutama bila anda seorang wanita yang berusia lebih dari 55 tahun atau seorang pria yang berusia lebih dari 45 tahun.

Selamat datang kembali di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen & vitamin yang 100% terbuat dari bahan-bahan alami berkhasiat tanpa tercampur bahan kimia. Kami melayani pesanan ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Pada halaman ini kami akan membagi info seputar tips mengurangi cedera saat berolahraga. Lantas bagaimana yaa cara menghindari cedera saat olahraga? Simak tips mengurangi cedera saat berolahraga yang kami uraikan di bawah ini.

Tips Mengurangi Cedera Saat Berolahraga

mengatasi-cidera-sebelum-melakukan-olahraga-lari

Olahraga merupakan kegiatan yang sejatinya paling penting terutama untuk kita, manusia. Banyaknya aktifitas sehari-hari, harusnya diimbangi juga dengan berolahraga. Olahraga yang ringan maupun yang berat, itu sah-sah saja. Namun, banyak orang yang saking semangatnya berolahraga malah membuat tubuh atau bahkan anggota geraknya mengalami cedera.

Cedera dalam olahraga bagai dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Ketika berolahraga kita dituntut untuk menggunakan otot-otot tubuh dalam melakukan aktivitas tersebut. Cedera olahraga dapat terjadi pada siapa saja, baik pada atlet profesional maupun nonatlet yang terlibat dalam kegiatan olahraga.

Umumnya, cedera olahraga disebabkan dari kegiatan olahraga yang salah, seperti: benturan, salah jatuh, dan kurang pemanasan. Cedera juga bisa terjadi akibat pola hidup yang salah, seperti: kurang istirahat dan kurangnya asupan gizi. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips mengenai cara pencegahan dan mengatasi risiko cedera.

Dalam melakukan olahraga, persiapan tubuh yang prima menjadi faktor terpenting seseorang dalam melakukan aktivitas tersebut. Jika tidak, maka Anda akan lebih mudah terkena cedera. Salah satu persiapan tubuh untuk mencegah risiko cedera pada saat olahraga ialah dengan cara melakukan latihan fleksibilitas atau kelenturan. Latihan ini bertujuan agar otot-otot yang akan kita gunakan dalam berolahraga tidak mengalami kejang sehingga dapat menimbulkan cedera.

Berikut Cara Mengurangi Cedera Saat Berolahraga

shutterstock_287323535-copyBerikut beberapa tips mengurangi cedera saat berolahraga agar kegiatan olah fisik ini tidak menimbulkan cedera :

1.  Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Selalu lakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga dan pendinginan setelah selesai berolahraga. Pemanasan membantu menyiapkan tubuh anda untuk berolahraga dan akan meningkatkan denyut jantung anda dan mengendurkan otot serta sendi anda secara bertahap.
Terdapat beberapa cara untuk melakukan pemanasan, yaitu mengendarai sepeda, lompat tali, lari di tempat selama 5-10 menit.

Pendinginan setelah berolahraga penting dilakukan untuk menurunkan kembali denyut jantung anda ke normal. Berjalan santai selama 5-10 menit setelah berolahraga merupakan salah satu cara pendinginan.

2.  Lakukan Peregangan

Lakukanlah juga peregangan sebelum dan setelah anda selesai berolahraga. Peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi resiko terjadinya nyeri serta cedera otot. Lakukanlah peregangan setelah anda selesai melakukan pemanasan dan pendinginan.

3.  Mulailah Dengan Perlahan dan Jangan Memaksakan Diri

Saat anda memulai suatu rutinitas olahraga atau baru saja mulai berolahraga kembali, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan intensitas, waktu, dan frekuensi olahraga secara bertahap.

Jangan memaksakan diri anda untuk melakukan suatu kegiatan olahraga. Selain itu, jangan memaksa diri anda untuk terus berolahraga walaupun otot atau sendi anda terasa nyeri. Nyeri dapat merupakan tanda adanya cedera. Bila anda merasa nyeri, jangan lanjutkan kegiatan olahraga anda di hari itu dan beristirahatlah selama 1 hari.

4.  Lakukan Olahraga yang Bervariasi

Lakukanlah berbagai jenis kegiatan olahraga, jangan melatih suatu kumpulan otot tertentu dengan berlebihan. Saat anda melakukan gerakan otot yang sama terlalu sering, maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan peradangan pada tendon.

Anda dapat memvariasikan olahraga dengan cara berlari pada hari pertama, kemudian angkat beban pada hari kedua, dan berenang atau bersepeda pada hari ketiga. Dengan demikian, anda dapat melatih berbagai otot pada tubuh anda dan mencegah terjadinya cedera.

5.  Ketahui Kelemahan Anda

Sesuaikan jenis olahraga anda dengan keadaan kesehatan atau tubuh anda. Sebagai contoh, jika anda menderita radang sendi di bagian lutut, maka anda memang harus melatih kekuatan otot, tetapi jangan memaksakan diri hingga membuat nyeri lutut anda semakin berat. Mulailah dengan perlahan.

6.  Banyak Minum Air Putih

272496_ilustrasi-wanita-olahraga_641_452

Minumlah air putih sebelum, selama, dan setelah anda selesai berolahraga. Pastikan anda mengkonsumsi cukup banyak air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

7.  Jangan Lupa Makan

Makanlah setelah anda selesai berolahraga untuk mengembalikan energi yang terbuang selama berolahraga. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung karbohidrat dan protein.

8.  Sewa Seorang Pelatih

Sebelum memulai olahraga angkat beban atau suatu rutinitas olahraga tertentu, berkonsultasilah dengan seorang pelatih. Dengan demikian, anda dapat berolahraga dengan cara yang benar dan aman.

9.  Gunakan Pakaian yang Sesuai

Gunakanlah pakaian yang sesuai dengan jenis olahraga yang anda lakukan. Kenakanlah pakaian yang membuat anda bebas bergerak dan sepatu olahraga dengan ukuran yang sesuai dengan kaki anda.

tips-membakar-kalori-lebih-cepat-saat-berolahraga

10.  Istirahatkan Tubuh Anda

Beristirahatlah selama 1-2 hari setiap minggunya. Waktu istirahat ini berguna untuk memberikan kesempatan bagi tubuh anda untuk pulih dari berbagai kegiatan olahraga yang anda lakukan dan juga dapat membantu mencegah terjadinya cedera.

Cara mengatasi cedera saat berolahraga

Sementara itu, jika Anda telah mengalami cedera otot, ligamen dan tendon maka lakukanlah terapi dingin. Terapi dingin yang menggunakan media seperti es batu ini berguna untuk membuat pembuluh darah yang pecah dapat mengecil (vasokontriksi). Sedangkan terapi hangat digunakan ketika cedera sudah mulai membengkak akibat pembuluh darah yang pecah. Namun pada artikel ini kami hanya memberikan penanganan cedera yang menggunakan terapi dingin yang biasa disebut dengan program RICE.

index

  • Rest

Jika terjadi cedera pada otot, tendon dan ligamen, segeralah istirahat dari berbagai macam aktivitas supaya tidak membuat cedera tersebut menjadi lebih parah. Dengan istirahat maka otot, tendon dan ligamen terhindar dari gerakan-gerakan yang membuat pembuluh darah kapiler yang pecah mengeluarkan banyak darah.

  • Ice

Setelah melakukan istirahat, ambil es batu dan balut dengan handuk kecil atau bisa juga memakai icepack (kantong khusus terbuat dari bahan karet), kemudian tempelkan pada bagian otot yang cedera.

  • Compression

Setelah ditempel es, kemudian dibalut tekan es yang sudah ditempelkan tadi oleh bandage atau pembalut khusus untuk cedera. Jangan lupa dibalutnya dengan sedikit tekan supaya terasa ke bagian otot, tendon dan ligamen dalam yang cedera. Tahan balutan tersebut kurang lebih 5 menit sampai 10 menit.

  • Elevation

Setelah dibalut dan ditekan maka bagian otot, tendon dan ligamen yang cedera diangkat lebih tinggi dari jantung. Supaya memperlancar pembuluh darah vena (balik) yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung, sehingga bisa mempercepat pembuangan sisa-sisa benturan dan kotoran dari pecahnya pembuluh darah kapiler.

Nah, itu tadi beberapa tips mengurangi resiko saat berolahraga serta cara mengatasinya jika cedera menyerang pada saat berolahraga, mudah bukan? Maka mulailah untuk rutin berolahraga dari sekarang ya, dan jangan lupa untuk mencoba cara-cara di atas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : keuntungan yang didapat dari push up jika dilakukan secara rutin

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk mengetahui informasi menarik dan bermanfaat yang berhubungan dengan kesehatan.

Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Berolahraga

Posted in kesehatan, olahraga

Keuntungan Yang Didapat Dari Push Up Jika Dilakukan Secara Rutin

Tidak hanya bisa menurunkan berat badan dan menguatkan otot, rutinitas latihan push up dapat memberikan banyak manfaat lainnya.

Selamat datang kembali di website resmi Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online yang menyediakan berbagai macam suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami tanpa terkontaminasi bahan kimia. Kami juga melayani pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesian dan luar negeri.

Kali ini kami akan mengutif sebuah artikel mengenai olahraga sederhana tapi dapat menghasilkan beribu manfaat, yaitu Push Up. Olahraga yang satu ini memang sering dilakukan bagi mereka yang tidak memiliki waktu luang untuk pergi ketempat olahraga, tapi perlu anda ketahui bahwa olah raga ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan banyak keuntungan yang didapat dari push up jika dilakukan secarar rutin dan teratur setiap hari.

Keuntungan Yang Didapat Dari Push Up Jika Dilakukan Secara Rutin

Young Man Doing PushupsKeuntungan Yang Didapat Dari Push Up Jika Dilakukan Secara Rutin – Push up adalah salah satu gerakan latihan yang sangat umum. Semua laki-laki dan perempuan bisa melakukan push up. Gerakan push up bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja. Hal inilah yang membuat push up bisa dimasukkan dalam program latihan setiap hari. Anda bisa melakukan push up setelah bangun tidur atau saat sore hari. Dengan melakukan satu gerakan push-up, kita sudah memperkuat banyak otot di tubuh kita.

Push up merupakan salah satu jenis olahraga yang khusus melatih kekuatan dan ketahanan tubuh. Lebih tepatnya lagi, push up termasuk olahraga ketahanan isometrik, yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggunakan benda yang tidak bergerak guna memicu kontraksi otot tubuh.

Manfaat Push Up Untuk Kesehatan Tubuh

vsh3gxxuPush up menjadi salah satu jenis latihan olahraga yang murah dan banyak memiliki manfaat untuk semua anggota tubuh. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang didapat dari push up jika dilakukan secara rutin :

1. Membentuk Otot Tubuh

Saat melakukan push up, beberapa otot tubuh pada bagian bahu depan, dada dan lengan yang bekerja sangat kuat. Gerakan push up dilakukan secara rutin, maka otot bekerja untuk 3 sistem tubuh tersebut akan terlatih. Pada bagian bisep dan trisep lengan otot akan menarik kekuatan tubuh dengan cara yang sangat menarik. Semua bagian otot penggerak akan bekerja untuk bagian  dada saat badan melakukan gerakan naik dan turun.

Selain itu, bagian lengan belakang yang banyak memiliki serabut otot kecil akan terlatih sehingga bisa menjadi lebih kuat. Jika dilakukan secara rutin maka otot pada bagian dada, lengan dan bahu akan terbentuk secara alami dan menunjang perkembangan otot di sekitar badan bagian atas.

2. Memperkuat Otot Perut

Salah satu inti gerakan push up yang paling benar adalah tidak ada lengkungan pada bagian tulang belakang. Lengkungan biasanya akan terlihat saat badan melakukan gerakan naik atau turun. Gerakan push up yang benar akan terlihat saat semua bagian tulang belakang rata, kaku dan terlihat stabil. Kesalahan dalam gerakan push up saat tulang belakang ikut tertarik ke bawah saat badan mengangkat ke atas maka bisa menyebabkan cedera tulang belakang.

Secara khusus gerakan tulang belakang yang rata dan stabil akan meningkatkan kekuatan otot perut. Selain push up, skot jump juga sangat baik untuk membentuk otot perut.

3. Membantu Kekuatan Tulang

Tulang adalah salah satu kekuatan inti tubuh yang sangat penting. Tulang menjadi kekuatan tubuh untuk berdiri, duduk dan melakukan berbagai macam gerakan. Masalah kesehatan tulang menjadi masalah umum, yang biasa diderita oleh laki-laki dan perempuan pada usia lanjut. Beberapa keluhan yang paling sering terjadi adalah masalah tulang keropos, nyeri sendi dan tulang rapuh.

Masalah tulang ini, bisa disebabkan karena tulang rawan pada tubuh tidak terbiasa melakukan gerakan saat masih usia muda. Jika tidak ingin mengalami masalah ini, maka bisa melakukan push up untuk memperkuat tulang rawan pada bagian kaki, pergelangan tangan, lengan dan bahu.

4. Kekuatan Otot Dada

Dada adalah anggota tubuh yang berperan besar saat melakukan push up. Gerakan ini akan memaksa otot dada (pektoralis) untuk menarik dan menekan badan tanpa harus bertumpu pada bagian tubuh lain. Jika gerakan push up dilakukan secara teratur maka otot dada akan terpelihara dan bisa membentuk massa otot yang sangat sehat.

5. Meningkatkan Massa Otot Bisep dan Trisep

Pembentukan masa otot bisep dan trisep dilakukan dengan metode latihan angkat beban, pada fitness. Tapi jika tidak mempunyai banyak waktu, maka bisa melakukan push up secara teratur. Gerakan push up akan meningkatkan kerja otot bisep dan trisep. Hal ini terjadi saat badan bergerak naik dan turun dengan tekanan pada kekuatan otot lengan. Jika push up dilakukan dengan gerakan yang benar maka perkembangan otot bisep dan trisep akan terjadi dengan cepat.

6. Menstabilkan Otot Bahu

Apakah mendengar tentang kelainan bahu yang tidak seimbang? masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan gerakan push up secara rutin. Saat badan melakukan push up, maka kekuatan otot bahu terletak pada bagian bahu atas atau otot deltoid. Otot ini akan menjaga gerakan bahu agar kuat, stabil dan seimbang seperti melakukan berenang.

7. Membentuk Perut

Ingin memiliki perut “six-pack”? Six-pack adalah bentuk perut yang terlihat seperti susunan kotak berjumlah enam kotak, keras dan kuat. Jika ingin memiliki perut six-pack, dengan cara yang mudah dan hemat maka lakukan saja gerakan push up. Gerakan push up akan mempertahankan semua otot perut, pinggul dan tulang belakang.

Saat badan bergerak naik atau turun maka otot perut akan bekerja maksimal untuk mempertahankan bentuknya. Dengan cara ini maka otot perut akan terlatih sehingga bisa terlihat sebagai otot yang kuat.

8. Memperbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh yang sempurna adalah bagian yang sangat penting untuk penampilan. Beberapa masalah postur tubuh seperti tulang belakang yang kurang tegak, bahu yang tidak seimbang atau lengan yang kurang stabil masih sering kita jumpai. Biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan terapi tertentu. Namun hal ini bisa diperbaiki dengan melakukan push up secara rutin.

Gerakan push up secara sekaligus, akan melatih otot tubuh, membentuk kekuatan otot dada, lengan dan bahu sehingga postur tubuh bisa menjadi lebih baik. Secara umum olahraga pada gerakan push up juga bisa meningkatkan sistem kemampuan tubuh secara seimbang.

9. Menyeimbangkan Ukuran Tubuh

Gerakan push up banyak memanfaatkan kerja otot bahu, lengan dan dada. Jika diperhatikan maka gerakan push up cenderung akan membuat otot pada bagian bahu, lengan dan dada memiliki ukuran yang besar. Namun hal itu tidak sepenuhnya benar, sebab saat gerakan push up terjadi maka kekuatan otot perut, tulang belakang, dan panggul juga akan bekerja. Hal inilah yang membuat gerakan push up bisa membentuk otot pada bagian atas dan bawah tubuh menjadi lebih seimbang.

10. Melatih Otot Jantung

Banyak orang yang berpikir bahwa push up hanya akan membuat otot pada bagian dada menjadi  lebih besar? Hal ini memang tidak salah, karena push up mendorong kekuatan otot dada, bahu dan lengan menjadi lebih kuat. Namun bukan berarti push up tidak memiliki manfaat penting untuk otot dalam tubuh seperti otot jantung.

Orang yang sering melakukan push up terbukti memiliki otot jantung yang lebih kuat daripada orang yang tidak melakukan push up. Gerakan rutin pada push up telah membuat otot jantung bekerja lebih banyak sehingga aliran darah juga menjadi lebih kuat. Hal ini juga membuat sistem metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik.

pilates-push-up-211. Meningkatkan Ukuran Payudara

Memiliki payudara sehat dan ukuran yang ideal adalan keinginan semua wanita. Wanita dengan ukuran dada yang proporsional juga akan terlihat lebih menarik dalam penampilan. Manfaat push up untuk meningkatkan ukuran payudara ternyata sudah banyak terbukti. Gerakan push yang dilakukan dengan intensitas teratur akan membentuk otot dada menjadi lebih kuat.

Kekuatan otot dada menjadi lebih besar ketika sistem otot dada mampu menyalurkan cairan yang memasok kekuatan pada otot dada. Hal inilah yang membuat penampilan atlit wanita selalu terlihat bugar meskipun mereka tidak melakukan operasi plastic.

12. Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh merupakan proses untuk mengolah berbagai bahan yang masuk ke tubuh untuk mempertahankan fungsi organ tubuh dan meningkatkan sistem kerja tubuh. Masalah metabolisme sering menyebabkan berat badan berlebih, timbunan lemak pada tubuh dan kesehatan yang buruk. Gerakan push up yang bisa memancing gerakan penting untuk otot dada, kaki, tulang belakang, lengan dan bahu ternyata bisa meningkatkan laju sistem metabolisme.

Otot yang terlatih akan mendorong sistem otot dalam tubuh sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lebih lancar. Jika aliran darah dan oksigen yang mengalir pada pembuluh darah terjadi dengan baik maka metabolisme tubuh juga akan berjalan dengan baik.

13. Melatih Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh sangat penting untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kebugaran tubuh. Tubuh yang terlihat lemah kurang menarik dan cenderung lebih mudah terserang penyakit. Selain mengkonsumsi buah-buahan , latihan push up secara teratur akan meningkatkan sistem ketahanan tubuh. Namun pada dasarnya gerakan push up akan memancing tubuh agar mampu melakukan gerakan yang sama secara terus menerus. Hal inilah yang akan membuat orang yang sering melakukan push up akan terlihat lebih segar dan bugar.

14. Latihan Rutin untuk Diet

Menghilangkan lemak dari tubuh adalah keinginan mutlak bagi semua orang yang sedang diet. Push up bisa menjadi salah satu latihan ringan yang mendukung program diet. Gerakan rutin untuk menaikkan badan dan menekan badan dengan tumpuan pergelangan tangan ini bisa menghilangkan lemak di sekitar pantat, panggul dan juga lengan.

Saat push up, otot-otot pada bagian tubuh akan saling tarik menarik dan melakukan dorongan yang kuat untuk menahan beban tubuh. Sistem kerja otot akan mendorong proses metabolisme dalam tubuh dan proses inilah yang akan membuat lemak bisa menghilang dan menjadi sumber tenaga bagi tubuh.

askmen-push-up-challenge-1106349-twobyone15. Mencegah Osteoporosis

Kesehatan tulang memang harus kita pelihara sejak masih usia muda. Meskipun beberapa masalah penyakit tulang seperti osteoporosis terjadi saat usia lanjut, namun penyakit ini bisa dicegah sejak awal. Melakukan gerakan push up secara rutin ternyata juga bisa melatih kepadatan tulang pada seluruh bagian tubuh. Kerjasama otot dan tulang pada bagian dada, lengan dan bahu akan membuat tulang inti menjadi lebih padat dan kuat.

Meskipun banyak melakukan gerakan dengan bagian lengan, bahu dan dada, push up juga dapat membantu otot-otot paha depan (quadriceps), Otot hamstring (paha belakang) yang terdiri dari tiga otot yang memanjang mulai dari pinggul hingga lutut. Otot paha belakang yang kuat bisa mencegah terjadinya cedera hamstring.

Banyak bukan keuntungan yang didapat dari push up jika dilakukan secara rutin?? Jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang sehat, bugar, dan bentuk tubuh dengan berat badan yang ideal, buang jauh-jauh rasa malas dan beragam alasan, dan mulailah berpikir tentang manfaat yang bisa didapatkan. Dan segera mulailah gaya hidup sehat dengan rajin berolahraga, menjaga pola makan dan beristirahat secara tertatur.

Baca Juga : skipping, olahraga ringan yang cepat menurunkan berat badan

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk mengetahui berita seputar kesehatan lainnya, karena kami akan update setiap hari.

Keuntungan Yang Didapat Dari Push Up Jika Dilakukan Secara Rutin

Posted in kesehatan, olahraga

Skipping, Olahraga Ringan Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Skipping mungkin mirip dengan permainan anak-anak, namun sebenarnya skipping bisa juga untuk membantu membakar kalori lebih banyak. Cari tahu apalagi keuntungannya.

Selamat datang di situs Alfian Herbal agen resmi Green World yang merupakan pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang tersedia di seluruh wilayah Indonesia dan telah dipasarkan di 20 negara. Kami melayani dengan sistem “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran

Pada kesempatan kali ini kami akan membagi informasi mengenai skipping, olahraga ringan yang cepat menurunkan berat badan. Untuk lebih jelasnya simak ulasan yang kami uraikan di bawah ini.

Skipping, Olahraga Ringan Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

rajin-skipping-efektif-turunkan-berat-badan

Skipping, Olahraga Ringan Yang Cepat Menurunkan Berat Badan – Melakukan diet akan lebih menghasilkan bila membakar lemak langsung dengan olahraga. Oleh karenanya pada banyak program diet menganjurkan anda untuk juga melakukan olahraga setiap harinya agar program diet anda berhasil. Olahraga memang terbukti ampuh membakar kalori. Kenyataannya dengan melakukan olahraga akan merangsang tubuh anda untuk lebih beraktivitas sehingga menghasilkan peluh yang menjadi tanda bahwa tubuh mengalami peningkatan suhu.

Menurunkan berat badan memang membutuhkan komitmen yang kuat. Tidak hanya mengontrol nafsu makan dan asupan kalori saja, tapi juga memotivasi diri untuk rajin berolahraga. Salah satu aktivitas fisik yang dapat membantu menurunkan berat badan adalah skipping.

Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan latihan khusus, cukup menggunakan jump rope, dan bisa dilakukan kapan, serta di mana saja. Skipping termasuk latihan yang bisa divariasikan intensitasnya untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

Skipping membantu Anda mencapai berat badan ideal. The U.S Department of Health and Human Services merekomendasikan kegiatan fisik dilakukan setiap hari selama 30 menit. Melakukan skipping selama sejam dapat membakar 440-590 kalori pada orang yang berbobot 77 kg, menurut Centers of Disease Control and Prevention. Hasil pembakaran lemak dalam tubuh akan dikeluarkan bersama keringat. Skipping juga melatih otot lengan, paha, betis, lutut dan dada. Dengan terlatihnya otot maka badan kita akan lebih kencang.

Cara Melakukan Olahraga Skiping yang Tepat

Secara praktek mungkin hampir semua masyarakat tahu dan paham bagaimana melakukan olahraga ini. Namun, disini akan sedikit dibahas mengenai cara melakukan olahraga skipping yang benar. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya :

Man Jumping Rope

  • Mulailah dengan berdiri tegak dengan posisi tegap seraya kedua tangan memegang ujung tali.
  • Tempatkan tali di belakang tubuh kita, posisi ini disebut juga sebagai posisi awalan.
  • Ayunkan tali ke depan dan melompatlah, tali yang diayunkan dijadikan sebagai rintangan lompatan.
  • Lakukan dengan tanpa menginjak tali tersebut, lakukan hingga mencapai kurang lebih 20 lompatan (jumlah lompatan tegantung kemampuan masing-masing).
  • Hentikan putaran tali dan lompatan jika sudah merasa cukup lelah, istirahatlah sejenak sebelum melanjutkan lompatan lagi.

Manfaat Skipping selain untuk menurunkan berat badan

skippingSama halnya seperti olahraga yang lain, maka olahraga skipping atau lompat tali ini juga terbilang sangat baik bagi tubuh manusia. Di bawah ini akan disebutkan dan dijelaskan mengenai manfaat-manfaat yang dapat kita peroleh dari olah raga skipping atau lompat tali.

  • Meningkatkan Kapabilitas

Manfaat olahraga skipping atau lompat tali yang dilakukan dapat meningkatkan kepadatan tulang dan juga meningkatkan kapabilitas tubuh secara menyeluruh.

  • Mengencangkan Otot

Kekencangan otot kita dapat makin baik jika kita rutin dan secara teratur melakukan olahraga skipping ini. Otot dapat semakin kencang sebagai efek lompatan tersebut, terutama otot kaki dan otot bagian bawah tubuh lainnya.

Namun tak hanya otot bagian kaki dan bagian bawah lainnya, otot bagian atas seperti lengan dan bahu pun mendapatkan manfaatnya, hal ini dikarenakan tangan adalah sebagai poros dari putaran tali.

  • Mengoptimalkan energi dalam tubuh

Olahraga skipping atau lompat tali mampu membantu seseorang dalam menambah energi di dalam tubuh, sebab olahraga skipping ini dilakukan dengan menggunakan energi. Maka latihan yang dilakukan akan mampu membiasakan tubuh mengeluarkan energi yang tersimpan di dalam sehingga mampu mengoptimalkan energi di dalam tubuhnya di kemudian hari di lain waktu.

  • Membentuk tubuh

Membentuk tubuh dalam artian ini adalah bentuk tubuh berotot pada bagian tertentu yang dihasilkan dari olahraga skipping. Otot bagian kaki akan semakin kencang namun tetap ramping dan tidak berlemak pada bagian betis, sehingga ini menambah keindahan pada kaki. Lengan juga mendapatkan manfaat berupa otot yang terbentuk karena tangan digunakan sebagai poros berputarnya tali.

  • Menambah tinggi badan

Pertambahan tinggi badan juga dapat diperoleh dari olahraga skipping atau lompat tali ini. Masa remaja adalah masa pertumbuhan dimana seseorang mampu tumbuh mendapatkan tinggi ideal. Manfaat olahraga skipping adalah salah satu olahraga yang mampu meninggikan badan, sehingga olahraga skipping sering dijadikan salah satu program bagi banyak remaja dalam hal meninggikan badan.

index

  • Meningkatkan fertilitas

Ketidakteraturan pola menstruasi adalah salah satu permasalah ringan yang terjadi pada organ reproduksi wanita. Selain itu masalah kesulitan mendapatkan keturunan dan lain-lain. Ternyata, skipping adalah olahraga yang berfungsi membantu memperbaiki fungsi reproduksi termasuk meningkatkan fertilitas.

  • Mencegah osteoporosis

Olahraga skipping yang dilakukan secara rutin akan sangat bermanfaat untuk mencegah terkena osteoporosis di kemudian hari. Osteoporosis adalah kondisi dimana terjadi kerapuhan atau pengeroposan pada tulang. Manfaat olahraga skipping mampu meningkatkan kualitas atau kepadatan seseorang, sehingga skipping sangat berguna untuk mengurangi resiko terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

  • Meningkatkan stamina dan keimbangan tubuh

Lompat tali (skipping) yang dilakukan secara teratur akan mampu meningkatkan stamina tubuh, serta kelenturan tubuh. Tidak hanya itu saja, lompatan yang dilakukan juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh kita.

shutterstock_64332334_resize

  • Meningkatkan kinerja otak

Pada dasarnya olahraga skipping adalah hasil kombinasi dari irama gerakan lompatan dan ketpatan waktu dalam melewati rintangan berupa putaran tali. Hal ini berarti membuat otak bekerja lebih cepat dan tepat dalam hal mengkalkulasikan gerakan melompat yang dilakukan dan waktu yang tepat untuk melompat melewati tali yang berputar.

Bagaimana? skipping, olahraga ringan yang cepat menurunkan berat badan ini sangat mudah dilakukan bukan? Akan sangat baik jika olahraga lompat tali ini dilakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Sekian & Semoga Bermanfaat

Baca Juga : Manfaat yang didapat dari olahraga bola voli

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk update informasi seputar kesehatan lainnya.

Skipping, Olahraga Ringan Yang Cepat Menurunkan Berat Badan

Posted in kesehatan, olahraga

Manfaat Yang Didapat Dari Olahraga Bola Voli

Manfaat Yang Didapat Dari Olahraga Bola Voli

Pada dasarnya permainan bola voli merupakan bentuk olahraga. Oleh karena itu, pasti ada manfaat dari olahraga bola voli ini. Lantas apa saja manfaat yang didapat dari olahraga bola voli??

Nah, untuk postingan kali ini kami akan membahas seputar olahraga bola voli yang meliputi manfaat yang didapat dari olahraga bola voli. Tapi sebelum ke pembahasan, terlebih dahulu kami ucapkan selamat datang di website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macan suplemen dan vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami berkhasiat tanpa terkontaminasi bahan kimia.

Sekilas Mengenai Olahraga Bola Voli

teknik-blocking-bola-voliSiapa yang tidak kenal dengan olahraga bola voli? banyak kita temui olahraga ini di berbagai tempat karena olahraga ini banyak di minati oleh semua kalangan dari anak kecil sampai dewasa. Jenis olahraga ini merupakan jenis olahraga yang ringan dan mudah untuk dimainkan, dan tidak akan mengganggu waktu anda.

Secara umum, bola voli merupakan olahraga permainan yang dimainkan oleh 2 grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki 6 orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli, yaitu voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki 2 orang pemain saja.

Olahraga ini sendiri dinaungi oleh FIVB (Federation Internasionale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Olahraga bola voli merupakan salah satu olahraga tim yang cukup populer selain bola basket dan sepak bola. Tak hanya belajar bekerja sama dengan teman satu tim, bermain bola voli dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Olahraga Bola Voli Untuk Kesehatan

teknik-dasar-dalam-bermain-bola-volley3Untuk lebih jelas mengenai manfaat yang didapat dari olahraga bola voli, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini :

1. Meningkatkan stamina

Olahraga bola voli memerlukan stamina yang cukup untuk dimainkan. Stamina tersebut bisa didapatkan jika rutin melakukan olahraga bola voli ini. Stamina yang bagus bisa kita manfaatkan untuk aktivitas lainnya misalnya untuk bekerja atau aktivitas sehari-hari.

2. Mengurangi kecemasan

Olahraga seperti olahraga bola voli dapat bermanfaat bagi kesehatan mental kita. Kecemasan yang biasanya dimiliki jika menghadapi masalah akan berkurang jika digunakan untuk berolah raga. Saat berolahraga maka pikiran kita bisa fokus pada kegiatan olahraga tersebut sehingga kecemasan terhadap masalah lain bisa berkurang atau bahkan menghilang. Jadi olahraga bola voli tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik saja tapi kesehatan mental juga.

3. Mencegah osteoporosis

Gerakan-gerakan dalam olahraga bola voli ini akan membuat tulang menjadi banyak bergerak sekaligus dapat mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang. Makanan yang bergizi dan olahraga yang rutin dapat mengatasi masalah osteoporosis sehingga tulang tetap sehat dan tidak mudah rapuh.

4. Membakar lemak

Manfaat lain dari olahraga bola voli yaitu dapat membakar lemak. Lemak yang menumpuk di dalam tubuh dapat diatasi dengan berolahraga rutin salah satunya olahraga bola voli. Olahraga bola voli sendiri memang cukup menguras tenaga apalagi jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Namun olahraga ini juga menyenangkan sehingga cocok dilakukan untuk berolahraga sambil bersenang-senang sekaligus dapat membakar lemak.

5. Memperlancar metabolisme

Metabolisme tubuh yang lancar akan berpengaruh pada kesehatan tubuh yang baik. Kinerja metabolisme tiap orang berbeda-beda namun jika tidak lancar akan berpengaruh pada menurunnya kesehatan tubuh. Jadi olahraga rutin seperti bermain bola voli bersama teman-teman mampu memperlancar metabolisme tubuh.

6. Memperbaiki kinerja otot dan syaraf

Saat bermain bola voli kita harus dapat menyeleraskan antara kinerja syaraf dan juga otot. Permainan bola voli membutuhkan gerakan yang cepat untuk mendapatkan bola dan memukulnya ke arah lawan. Pemain harus berlari dan memukul bola berarti harus menyelaraskan juga gerakan kaki dan tangan. Jika dilakukan secara rutin maka dapat memperbaiki kinerja otot dan syaraf yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Memperbaiki konsentrasi

Konsentrasi ini berkaitan dengan kesehatan mental untuk dapat fokus pada suatu hal yang memang membutuhkan perhatian lebih. Pada permainan bola voli, pemain dituntut untuk konsentrasi pada permainan terutama pada pergerakan bola. Mereka juga perlu memperhatikan posisi teman-teman mereka dan posisi lawan sehingga dapat menempatkan bola dengan tepat dan mendapatkan angka. Jika terbiasa berkonsentrasi di lapangan voli tentu bisa diaplikasikan di tempat lainnya misalnya di tempat kerja ataupun saat melakukan sebuah pekerjaan di mana saja.

8. Mengurangi resiko kegemukan

Pemain bola voli perlu terus bergerak menggunakan otak, tangan, dan kaki mereka untuk dapat bermain voli dengan baik.Sehingga tenaga yang mereka butuhkan sangat besar, hal ini tentu akan membuat pemain bola voli akan terbentuk tubuhnya dan lemak-lemak yang menyebabkan kegemukan menjadi dihilangkan. Jika kita memperhatikan para pemain bola voli, biasanya mereka memiliki postur yang tinggi namun memiliki badan yang ateletis. Sehingga bagi yang rutin melakukan olahraga bola voli dan mengatur pola makan yang sehat akan mengurangi resiko kegemukan.

9. Membentuk tubuh 

Bermain bola voli baik saat pemanasan, latihan, ataupun pertandingan membutuhkan tenaga dan stamina yang bagus. Otot-otot tubuh menjadi terbiasa digunakan secara rutin sehingga otot yang tadinya lemas menjadi lebih kuat. Hal ini tentu baik bagi penampilan yaitu memiliki badan dengan proporsi yang ideal. Sehingga badan akan tetapr terlihat menarik dan kesehatan pun akan selalu terjaga.

10. Membakar kalori

Pemain voli mungkin cenderung memakan makanan yang banyak untuk bermain voli, namun itu tidak membuat mereka kegemukan. Makanan yang dimakan dan masuk ke dalam tubuh dapat segera dibakar untuk melakukan aktivitas bermain voli, kalori makanan terbakar saat bermain voli sehingga tubuh tidak mengalami kegemukan walaupun mungkin memakan makanan yang lebih banyak namun dengan olahraga bola voli akan membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

11. Menyehatkan organ-organ tubuh internal

Organ-organ tubuh internal seperti hati, ginjal, paru-paru, dan lain-lain dapat berfungsi lebih baik jika ditunjang dengan olahraga yang rutin. Mungkin sebagian dari kita melihat banyak orang yang berolahraga namun kesehatan mereka tetap tidak baik seperti terkena serangan jantung. Namun jika olahraga bola voli dilakuan dengan rutin dan tidak terlalu keras maka dapat menyehatkan organ-organ tubuh internal tersebut.

12. Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Pemain bola voli harus bisa mengkoordinasikan mata dan tangan mereka. Dalam bermain voli kita perlu memperhatikan posisi bola, lawan, dan teman sendiri sekaligus menggerakkan tangan untuk memukul bola. Jadi diperlukan koordinasi yang baik antara mata dan tangan. Mata tidak hanya tertuju pada satu arah saja tapi juga ke beberapa arah dan tangan harus sigap dalam memukul bola yang datang.

bola-voli

13. Meningkatkan keseimbangan dan kecepatan

Saat memukul bola dan berlari, keseimbangan dan kecepatan dibutuhkan untuk dapat melakukannya dengan baik. Bermain bola voli akan mampu meningkatkan keseimbangan tubuh dan kecepatan pergerakan. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya di luar olahraga atau dalam olahraga lainnya.

14. Meningkatkan kesehatan jantung

Kesehatan jantung akan terwujud dengan pola hidup yang sehat salah satunya dengan bermain bola voli secara rutin. Jika kesehatan jantung terjaga maka tubuh akan mendapatkan mudah melakukan sirkulasi peredaran darah dan nutrisi ke seluruh tubuh. Ini akan meningkatkan kesehatan tubuh secara umum. Dengan melakukan olahraga bola voli secara teratur maka kesehatan jantung akan terjaga.

15. Meningkatkan kemampuan aerobic

Bermain bola voli selama 20 menit ternyata mengeluarkan energi yang sama dengan jogging sepanjang 1 mil jika kita bermain voli dengan santai, namun jika kita bermain voli secara tingkat keseriusam dan cepat maka 12 menit bermain sudah sama dengan jogging sepanjang 1 mil.

Nah, kita sudah mengetahui beberapa manfaat yang didapat dari olahraga bola voli yang tak banyak orang ketahui bermain bola voli memiliki manfaat penting untuk kesehatan.

Sekian dari kami mengenai olahraga bola voli. Jika anda ingin kesehatan jasmani tetap terjaga, maka rajinlah untuk berolahraga. Semoga Bermanfaat

Baca Juga : 10 manfaat yang dihasilkan dari berkeringat

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk mengetahui berita seputar kesehatan, karena kami akan update setiap harinya.

MANFAAT YANG DIDAPAT DARI OLAHRAGA BOLA VOLI

Posted in kesehatan

10 Manfaat Yang Dihasilkan Dari Berkeringat

Anda suka olahraga? baik olahraga yang sederhana seperti lari, jogging atau yang membutuhkan peralatan khusus seperti fitness? Maka Anda sudah familiar dengan tubuh yang berkeringat bahkan sampai berkeringat deras.

Nah. . postingan kami untuk saat ini adalah berhubungan dengan keringat. Tahukan anda anda 10 manfaat yang dihasilkan dari berkeringat?? Untuk anda yang belum mengetahui, simak baik-baik artikel yang kami buat ini.

Tapi sebelum ke pembahasan, kami ucapkan selamat datang di website resmi Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World, yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang sudah tersebar ke seluruh wilayah Indonesia dan sudah dipasarkan di 20 negara.

10 Manfaat Yang Dihasilkan Dari Berkeringat

6-bahaya-kesehatan-jika-tubuhmu-tidak-berkeringat

10 Manfaat Yang Dihasilkan Dari Berkeringat – Keringat adalah air yang dikeluarkan oleh kelenjar keringat pada kulit mamalia. Kandungan utama dalam keringat adalah natrium klorida (bahan utama garam dapur) selain bahan lain (yang mengeluarkan aroma) seperti 2-metilfenol (o-kresol) dan 4-metilfenol (p-kresol).

Pada manusia, keringat dikeluarkan untuk mengatur suhu tubuh, walaupun ada yang beranggapan bahwa komponen dari keringat laki-laki dapat berfungsi sebagai feromon.

Penguapan keringat dari permukaan kulit memiliki efek pendinginan karena panas laten penguapan air yang mengambil panas dari kulit. Oleh karena itu, pada cuaca panas, atau ketika otot memanas karena bekerja keras, keringat dihasilkan. Keringat meningkat dalam keadaan gugup dan mual, serta menurun dalam keadaan demam. Hewan-hewan yang memiliki sedikit kelenjar keringat, seperti anjing, menurunkan temperatur tubuh dengan membuka mulutnya sambul menjulurkan lidah (terengah-engah), sehingga air menguap dari rongga mulut dan faringnya. Hewan primata dan kuda, memiliki kelenjar keringat di ketiak seperti pada manusia.

imagesBerbagai aktivitas manusia memang ada yang memicu keluarnya keringat. Saat berolahraga di siang hari bolong, tubuh manusia mengeluarkan keringat lewat pori-pori kulit. Ketika makan makanan pedas dan panas, keringat bercucuran di wajah. Saat presentasi yang menegangkan, tangan terasa dingin karena berkeringat.

Secara sekilas berkeringat memang tak begitu menyenangkan karena identik dengan suhu ruangan yang panas atau tubuh yang menjadi kotor. Padahal keringat yang timbul ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

10 Manfaat Berkeringat

Inilah 10 manfaat yang dihasilkan dari berkeringat :

1. Menurunkan berat badan

index

Berkeringat adalah salah satu cara yang baik untuk membakar kalori. Lemak yang berada di bawah kulit akan terbakar dan keluar bersamaan dengan keringat. Kalo kamu jarang berolahraga, kamu bisa aja melakukan sauna selama 30 menit untuk mendapatkan manfaat ini.

2. Detoxifikasi tubuh

Racun-racun yang kita dapat dari makanan yang kita konsumsi akan dikeluarkan melalui keringat. Nah, dengan keringat inilah kemudian organ-organ vital seperti ginjal, hati, dan usus akan bersih dari racun-racun tersebut.

3. Meredakan stress

may31-2013-foto-stress-fatigue

Banyak yang beranggapan kalo berolahraga itu membantu mengatasi stress. Hal tersebut nggak sepenuhnya salah. Pasalnya, kunci pereda stress justru datang dari keluarnya keringat ketika melakukan latihan fisik.

4. Mendinginkan tubuh ketika suhu sekitar meningkat

067070700_1438569313-2_allwomenstalk_com

Berkeringat merupakan cara yang paling bagus untuk mendinginkan suhu tubuh. Ketika suhu sekitar meningkat, secara otomatis tubuh akan menyesuaikan suhunya dengan lingkungan sekitar. Keringat akan membantu tubuh untuk mencapai suhu optimal ketika beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

5. Menyeimbangkan cairan tubuh

Natrium  dan kalium merupakan zat mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Namun sayangnya, kelebihan zat tersebut malah menimbulkan penyakit. Untungnya, keringat mampu membantu mengeluarkan zat-zat yang nggak berguna sehingga cairan dalam tubuh bisa seimbang.

6. Membersihkan pori-pori kulit

Jerawat atau bahkan infeksi kulit disebabkan pori-pori kulit tersumbat. Keringat inilah yang akan membuka pori-pori dan membersihkannya dari kotoran yang menyumbat lubang pori-pori sehingga kulit menjadi lebih sehat dan bersinar.

7. Membantu proses hidrasi

qwqw11212

Sama seperti buang air kecil, berkeringat juga merupakan salah satu cara untuk tubuh menjadi merasa haus kembali. Ingat, tubuh memerlukan setidaknya 8 gelas air sehari sebagai sarana sirkulasi dan kebutuhan air dalam tubuh. Dengan berkeringat, kamu bisa haus dan proses hidrasi tubuh jadi lebih baik.

8. Melancarkan sirkulasi darah

Ketika berkeringat, biasanya kulit menjadi memerah. Hal ini disebabkan karena keringat menarik darah ke kulit sehingga membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh.

9. Meningkatkan sistem imun

Seperti yang dikatakan sebelumnya, berkeringat mampu membuang racun dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit karena tubuh selalu bersih dari racun.

10. Mempercepat metabolisme tubuh

Berkeringat juga membantu tubuh menggunakan kalori lebih banyak dan mempercepat metabolisme tubuh sehingga badan menjadi lebih sehat. Dengan begitu, nafsu makan juga akan terjaga selagi badan tetap bisa langsing karena kalori yang terbakar.

Itulah 10 manfaat yang dihasilkan dari berkeringat. Mulai sekarang jangan malu untuk berkeringat. Kamu juga bisa melakukan olahraga atau dengan sauna agar berkeringat.

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk update berita seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : Gejala dan Penyebab Anhidrosis

10 MANFAAT YANG DIHASILAKAN DARI BERKERINGAT

Posted in kesehatan

Tips Menghilangkan Lemak Pada Paha Dan Betis

Tips Menghilangkan Lemak Pada Paha dan Betis

Bagaimana cara tepat menghilangkan lemak yang menumpuk pada paha dan betis??

Bagi anda yang memiliki bentuk paha dan betis besar dan ingin mengecilkannya, pada postingan kali ini kami akan membagi tips menghilangkan lemak pada paha dan betis yang tentunya akan berguna bagi anda yang akan mengecilkan ukuran paha dan betis.

Namun sebelum ke pembahasan inti, terlebih dahulu kami ucapkan selamat datang dan terima kasih sudah mau berkunjung ke salah satu situs resmi Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World Global, dan  menyediakan barang asli 100% bukan tiruan. Produk green world sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan sudah dipasarkan di 20 negara.

Berikut cara mengecilkan ukuran paha dan betis

Tips menghilangkan lemak pada paha dan betis – Memiliki paha yang besar cukup menganggu penampilan, tubuh akan terlihat begitu gendut. Dengan betis yang besar, tubuh tidak terlihat seksi dan memalukan terutama untuk seorang wanita. Selain itu besarnya paha anda tentunya juga akan menambah berat badan, tentu saja ini berbanding terbalik bagi anda yang sedang diet untuk menurunkan berat badan.

Mengecilkan paha tidak perlu dengan diet, ada beberapa cara mengecilkan paha dan betis dengan cepat dengan olahraga, beberapa olahraga tersebut yakni walking lunges, jumps squats, leg circles, dan teraband lega curl. Cara tersebut sudah terbukti efektif, meskipun demikian namun anda harus melakukannya secara rutin. Bagi anda yang masih asing dengan beberapa olahraga tersebut, berikut ini penjelasan selengkapnya :

1. Walking Lunges

Untuk melakukan olahraga ini, anda bisa memulai dengan cara berdiri tegak. Setelah itu rapatkan kedua kaki dan posisikan tangan dipinggul. Kemudian kencangkan otot perut anda. Langkah kedua yaiu langkahkan kaki kanan anda kedepan, tekuk kedua tutut anda seakan akan anda akan jatuh sampai paha sejajar dengan lantai dengan membentuk sudut 90 derajat. Namun anda harus menjaga agar lutut pada kaki kiri anda tidak menyentuh lantai. Punggung sebaiknya anda pastikan tegak, setelah itu turunkan kaki anda dan bergantian dengan kaki kanan.

2. Jumps Squats

Jump squats merupakan salah satu cara mengecilkan paha secara alami yang bisa anda lakukan. Caranya yaitu dengan memulai dengan berdiri tegak, kemudian buka kaki sampai selebar pinggul serta memposisikan tangan dipinggul. Kencangkanlah otot perut anda ke arah dalam kemudian tekuk lutut anda sampai posisi paha sejajar dengan lantai. Anda bisa melompat sebisanya kemudian usahakan mendarat dengan posisi yang sama.

3. Leg Circles

Leg circles merupakan cara mengecilkan paha yang anda bisa lakukan dirumah. Caranya yaitu dengan berbaring kemudian meletakan kedua tangan disebelah tubuh anda. Setelah itu, anda bisa mengencangkan otot perut anda. Angkat kaki kanan, sedangkan kaki kiri diposisikan menekuk. Buatlah gerakan melingkar pada kaki yang anda angkat, putar kearah jarum jam dan putar berlawanan dengan jarum jam masing masing 10 putaran. Letakan kaki anda dan lakukan gerakan tersebut dengan kaki kiri.

4. Teraband Lega Curl

Peratama tama lingkarkan theraband di pergelangan kaki sebelah kiri. Setelah itu berbaringah dengan posisi telungkup diatas matras, posisikan kedua tangan anda dengan ditekuk sehingga tubuh anda bertumpu pada bagian siku siku. Setelah itu ambil nafas sedalam dalamnya. Tekuk kaki kiri anda secara perlahan ke atas sambil anda membuang nafas yang anda ambil tadi. Lakukan perlahan lahan kemudian letakan gerakan yang sama untuk kaki kanan.

Adapun cara lainnya yang membantu anda untuk membakar lemak pada paha dan betis, diantara adalah :

  • Hindari Junkfood

    Jika menginginkan bentuk paha yang ramping dan kencang, sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood atau makanan yang mengandung banyak lemak. Pilih makanan sehat seperti ikan yang dimasak steam dengan sayur atau aneka buah-buahan. Jangan lupa untuk mengurangi karbohidrat berwarna putih dan menggantinya dengan karbohidrat coklat, seperti nasi merah atau roti gandum.

  •   Banyak Minum Air

Minum air mineral paling tidak delapan gelas perharinya. Kebiasaan ini akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan meningkatkan proses penurunan berat badan. Minum air juga membuat fungsi tubuh bekerja lebih baik.

  • Mengonsumsi protein

    Pilih makanan yang tepat yang bisa membantu tubuh menurunkan berat badan. Salah satunya adalah meningkatkan konsumsi protein serta mengurangi karbohidrat dan lemak.

  • Latihan kardio

    Alternatif lain adalah latihan kardio. Lakukan aktivitas fisik tiga sampai empat kali seminggu. Selain menyusutkan lemak di paha, sebagian besar gerakan latihan kardio juga dapat memperkuat otot-otot tubuh.

  • Mengurangi kalori

    Seperti telah disebutkan sebelumnya, kurangi kalori setiap hari. Jika merasa lapar, ngemil saja camilan sehat, seperti buah-buahan segar.

  • Angkat berat

    Jika benar-benar berniat mengecilkan lemak di paha, jangan malas untuk pergi ke pusat kebugaran dan melakukan latihan angkat berat untuk membuat paha lebih ramping.

Melakukan beberapa tips menghilangkan lemak pada paha dan betis diatas memang tidak cukup sekali dua kali saja. Namun anda perlu melakukannya secara rutin agar lemak di paha dan betis anda segera berkurang. Cara ini akan lebih efektif lagi apabila anda juga mengatur pola makan anda. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda dan Selamat mencoba..

Kunjungi terus situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk update info seputar kesehatan lainnya.

Baca Juga : Tumpas penyakit dengan buah goji berry

TIPS MENGHILANGKAN LEMAK PADA PAHA DAN BETIS