Posted in kesehatan, olahraga

Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Berolahraga

Ingatlah untuk memeriksa keadaan kesehatan anda sebelum mengikuti kegiatan olahraga apapun, terutama bila anda seorang wanita yang berusia lebih dari 55 tahun atau seorang pria yang berusia lebih dari 45 tahun.

Selamat datang kembali di salah satu situs Alfian Herbal yang merupakan distributor resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai suplemen & vitamin yang 100% terbuat dari bahan-bahan alami berkhasiat tanpa tercampur bahan kimia. Kami melayani pesanan ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Pada halaman ini kami akan membagi info seputar tips mengurangi cedera saat berolahraga. Lantas bagaimana yaa cara menghindari cedera saat olahraga? Simak tips mengurangi cedera saat berolahraga yang kami uraikan di bawah ini.

Tips Mengurangi Cedera Saat Berolahraga

mengatasi-cidera-sebelum-melakukan-olahraga-lari

Olahraga merupakan kegiatan yang sejatinya paling penting terutama untuk kita, manusia. Banyaknya aktifitas sehari-hari, harusnya diimbangi juga dengan berolahraga. Olahraga yang ringan maupun yang berat, itu sah-sah saja. Namun, banyak orang yang saking semangatnya berolahraga malah membuat tubuh atau bahkan anggota geraknya mengalami cedera.

Cedera dalam olahraga bagai dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Ketika berolahraga kita dituntut untuk menggunakan otot-otot tubuh dalam melakukan aktivitas tersebut. Cedera olahraga dapat terjadi pada siapa saja, baik pada atlet profesional maupun nonatlet yang terlibat dalam kegiatan olahraga.

Umumnya, cedera olahraga disebabkan dari kegiatan olahraga yang salah, seperti: benturan, salah jatuh, dan kurang pemanasan. Cedera juga bisa terjadi akibat pola hidup yang salah, seperti: kurang istirahat dan kurangnya asupan gizi. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips mengenai cara pencegahan dan mengatasi risiko cedera.

Dalam melakukan olahraga, persiapan tubuh yang prima menjadi faktor terpenting seseorang dalam melakukan aktivitas tersebut. Jika tidak, maka Anda akan lebih mudah terkena cedera. Salah satu persiapan tubuh untuk mencegah risiko cedera pada saat olahraga ialah dengan cara melakukan latihan fleksibilitas atau kelenturan. Latihan ini bertujuan agar otot-otot yang akan kita gunakan dalam berolahraga tidak mengalami kejang sehingga dapat menimbulkan cedera.

Berikut Cara Mengurangi Cedera Saat Berolahraga

shutterstock_287323535-copyBerikut beberapa tips mengurangi cedera saat berolahraga agar kegiatan olah fisik ini tidak menimbulkan cedera :

1.  Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Selalu lakukan pemanasan sebelum mulai berolahraga dan pendinginan setelah selesai berolahraga. Pemanasan membantu menyiapkan tubuh anda untuk berolahraga dan akan meningkatkan denyut jantung anda dan mengendurkan otot serta sendi anda secara bertahap.
Terdapat beberapa cara untuk melakukan pemanasan, yaitu mengendarai sepeda, lompat tali, lari di tempat selama 5-10 menit.

Pendinginan setelah berolahraga penting dilakukan untuk menurunkan kembali denyut jantung anda ke normal. Berjalan santai selama 5-10 menit setelah berolahraga merupakan salah satu cara pendinginan.

2.  Lakukan Peregangan

Lakukanlah juga peregangan sebelum dan setelah anda selesai berolahraga. Peregangan dapat meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi resiko terjadinya nyeri serta cedera otot. Lakukanlah peregangan setelah anda selesai melakukan pemanasan dan pendinginan.

3.  Mulailah Dengan Perlahan dan Jangan Memaksakan Diri

Saat anda memulai suatu rutinitas olahraga atau baru saja mulai berolahraga kembali, mulailah dengan perlahan dan tingkatkan intensitas, waktu, dan frekuensi olahraga secara bertahap.

Jangan memaksakan diri anda untuk melakukan suatu kegiatan olahraga. Selain itu, jangan memaksa diri anda untuk terus berolahraga walaupun otot atau sendi anda terasa nyeri. Nyeri dapat merupakan tanda adanya cedera. Bila anda merasa nyeri, jangan lanjutkan kegiatan olahraga anda di hari itu dan beristirahatlah selama 1 hari.

4.  Lakukan Olahraga yang Bervariasi

Lakukanlah berbagai jenis kegiatan olahraga, jangan melatih suatu kumpulan otot tertentu dengan berlebihan. Saat anda melakukan gerakan otot yang sama terlalu sering, maka dapat menyebabkan terjadinya cedera otot dan peradangan pada tendon.

Anda dapat memvariasikan olahraga dengan cara berlari pada hari pertama, kemudian angkat beban pada hari kedua, dan berenang atau bersepeda pada hari ketiga. Dengan demikian, anda dapat melatih berbagai otot pada tubuh anda dan mencegah terjadinya cedera.

5.  Ketahui Kelemahan Anda

Sesuaikan jenis olahraga anda dengan keadaan kesehatan atau tubuh anda. Sebagai contoh, jika anda menderita radang sendi di bagian lutut, maka anda memang harus melatih kekuatan otot, tetapi jangan memaksakan diri hingga membuat nyeri lutut anda semakin berat. Mulailah dengan perlahan.

6.  Banyak Minum Air Putih

272496_ilustrasi-wanita-olahraga_641_452

Minumlah air putih sebelum, selama, dan setelah anda selesai berolahraga. Pastikan anda mengkonsumsi cukup banyak air putih agar tidak terjadi dehidrasi.

7.  Jangan Lupa Makan

Makanlah setelah anda selesai berolahraga untuk mengembalikan energi yang terbuang selama berolahraga. Konsumsilah makanan sehat yang mengandung karbohidrat dan protein.

8.  Sewa Seorang Pelatih

Sebelum memulai olahraga angkat beban atau suatu rutinitas olahraga tertentu, berkonsultasilah dengan seorang pelatih. Dengan demikian, anda dapat berolahraga dengan cara yang benar dan aman.

9.  Gunakan Pakaian yang Sesuai

Gunakanlah pakaian yang sesuai dengan jenis olahraga yang anda lakukan. Kenakanlah pakaian yang membuat anda bebas bergerak dan sepatu olahraga dengan ukuran yang sesuai dengan kaki anda.

tips-membakar-kalori-lebih-cepat-saat-berolahraga

10.  Istirahatkan Tubuh Anda

Beristirahatlah selama 1-2 hari setiap minggunya. Waktu istirahat ini berguna untuk memberikan kesempatan bagi tubuh anda untuk pulih dari berbagai kegiatan olahraga yang anda lakukan dan juga dapat membantu mencegah terjadinya cedera.

Cara mengatasi cedera saat berolahraga

Sementara itu, jika Anda telah mengalami cedera otot, ligamen dan tendon maka lakukanlah terapi dingin. Terapi dingin yang menggunakan media seperti es batu ini berguna untuk membuat pembuluh darah yang pecah dapat mengecil (vasokontriksi). Sedangkan terapi hangat digunakan ketika cedera sudah mulai membengkak akibat pembuluh darah yang pecah. Namun pada artikel ini kami hanya memberikan penanganan cedera yang menggunakan terapi dingin yang biasa disebut dengan program RICE.

index

  • Rest

Jika terjadi cedera pada otot, tendon dan ligamen, segeralah istirahat dari berbagai macam aktivitas supaya tidak membuat cedera tersebut menjadi lebih parah. Dengan istirahat maka otot, tendon dan ligamen terhindar dari gerakan-gerakan yang membuat pembuluh darah kapiler yang pecah mengeluarkan banyak darah.

  • Ice

Setelah melakukan istirahat, ambil es batu dan balut dengan handuk kecil atau bisa juga memakai icepack (kantong khusus terbuat dari bahan karet), kemudian tempelkan pada bagian otot yang cedera.

  • Compression

Setelah ditempel es, kemudian dibalut tekan es yang sudah ditempelkan tadi oleh bandage atau pembalut khusus untuk cedera. Jangan lupa dibalutnya dengan sedikit tekan supaya terasa ke bagian otot, tendon dan ligamen dalam yang cedera. Tahan balutan tersebut kurang lebih 5 menit sampai 10 menit.

  • Elevation

Setelah dibalut dan ditekan maka bagian otot, tendon dan ligamen yang cedera diangkat lebih tinggi dari jantung. Supaya memperlancar pembuluh darah vena (balik) yang mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung, sehingga bisa mempercepat pembuangan sisa-sisa benturan dan kotoran dari pecahnya pembuluh darah kapiler.

Nah, itu tadi beberapa tips mengurangi resiko saat berolahraga serta cara mengatasinya jika cedera menyerang pada saat berolahraga, mudah bukan? Maka mulailah untuk rutin berolahraga dari sekarang ya, dan jangan lupa untuk mencoba cara-cara di atas. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : keuntungan yang didapat dari push up jika dilakukan secara rutin

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk mengetahui informasi menarik dan bermanfaat yang berhubungan dengan kesehatan.

Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Berolahraga

Advertisements

One thought on “Tips Mengurangi Resiko Cedera Saat Berolahraga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s