Posted in kesehatan, olahraga

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Berolahraga memang menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tapi ternyata berolahraga juga memiliki efek samping. Kadang, tubuh bereaksi terhadap kegiatan berolahraga dengan cara yang negatif.

Selamat datang di halaman resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World Global yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya. Kami menyediakan layanan spesial yaitu “Kirim Barang Dahulu, Setelah Barang Sampai Baru Transfer Pembayaran” Kami menerima pesanan dan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan luar negeri.

Pada halaman ini kami akan mengutif ulasan mengenai beberapa faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

166994_620

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya – Menjalankan rutinitas olahraga memang membutuhkan stamina dan fisik yang kuat dari orang yang melakukan. Di samping sebagai sarana untuk meningkatkan aktivitas tubuh, olahraga juga merupakan gaya hidup sehat yang harus di biasakan sejak dini. Hal ini penting agar di masa mendatang tubuh Anda menjadi lebih sehat dan tidak gampang sakit.

Olahraga teratur berperan besar dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Namun olahraga tidak jarang membuat mual mual perut dimana akan dirasakan setelah selesai olahraga. Namun mual setelah melakukan olahraga masih dinilai wajar selama tidak berlangsung secara berkesinambungan atau berkepanjangan.

Setelah olahraga merasa sakit dan bahkan muntah memang dapat terjadi, biasanya hal ini dikarenakan kita tidak memiliki cukup asupan air atau karena makan terlalu banyak. Agar terhindar dari mual, pilihlah makanan yang mudah dicerna seperti, buah, yoghurt, dan minuman olahraga rendah gula sebelum berolahraga. Untuk lebih jelasnya mengenai faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya, simak lah penjelasnya berikut ini

Penyebab mual setelah berolahraga

154595_olahraga-lari_663_3821. Karena Jarang Berolahraga

Seseorang yang kurang olahraga kondisi otot perutnya akan kaku dan tidak melemas sehingga terasa seperti dipaksakan untuk tetap bergerak ketika pembakaran kalori terjadi. Jarang olahraga dapat memicu lambung menjadi terasa tidak nyaman, hal ini menyebabkan mual-mual setelah olahraga selesai.

2. Karena Tubuh dalam Keadaan Kurang Fit

Jangan memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang berat dalam keadaan tubuh tidak fit yang kemungkinan dikarenakan kurang tidur dan merasakan kelelahan akibat tugas kerja yang dilakukan pada larut malam. Tubuh yang kurang fit akan menyebabkan lambung akan merasa tertekan ketika sedang berlangsung gerakan gerakan yang membakar kalori. Kondisi dapat menimbulkan mual mual.

3. Karena Olahraga Tanpa Pemanasan

Melakukan olahraga tanpa peregangan atau pemanasan terlebih dahulu dapat memicu terjadinya kaku dan kram otot perut yang akhirnya dapat menimbulkan mual mual setelah olahraga selesai.

4. Karena Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Manis

Sebelum melakukan olahraga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kadar gula tinggi atau karbohidrat seperti nasi putih, roti, cokelat, donat dan lain lain. Makanan dan minuman berkadar gula tinggi dapat mengurangi energi lebih banyak agar tubuh dapat mencernanya hal ini akan menyebabkan mual ketika selesai olahraga.

5. Jangan Minum Susu Sebelum Olahraga

Sebelum berolahraga sebaiknya jangan mengkonsumsi segelas susu hangat karena zat protein pada susu dapat membakar lebih cepat kalori yang ada dalam tubuh dan memicu peningkatan asam lambung.

index6. Olahraga Terlalu Berat

Melakukan olahraga dengan posisi yang tidak terbiasa dan secara terus menerus maka tubuh akan terasa seperti tertekan dan terpaksa untuk melakukannya. Lakukan saja gerakan yang ringan yang tidak perlu langsung pada yang berat berat. Gerakan berat dan tidak teratur dapat memicu mual pada lambung dan ulu hati menjadi tidak nyaman, keadaan ini akan menimbulkan muntah jika Anda tidak segera menyudahi gerakan-gerakan tersebut.

7. Minumlah Air Putih Sebelum Olahraga

Jika sebelum olahraga tidak mengkonsumsi cukup air putih maka tubuh akan kehilangan cairan ketika sedang melakukan olahraga maka akan mempercepat dehidrasi dan memicu naiknya keasaman pada lambung yang membuat mual dan perih.

8. Tidak Mengkonsumsi Obat-obatan Tertentu

Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan sebelum melakukan olahraga, misalnya obat untuk menyembuhkan lemah jantung atau penyakit hipertensi karena zat kimia pada obat-obatan tersebut akan menekankan mengiritasi dinding lambung dan memicu peningkatan asam lambung setelah selesai olahraga.

9. Wanita yang akan Menstruasi Sensitif Terkena Mual

Pada wanita yang akan memasuki masa menstruasi misalnya 3 hari lagi waktu menstruasi setelah selesai olahraga bagian perut akan terasa kencang dan mual mual karena hormon mulai mengendalikan siklus menstruasi yang sebentar lagi terjadi.

10. Alkohol Biang Keladi Datangnya Mual

Seseorang yang pada malam hari mengkonsumsi minuman beralkohol dan pada keesokan harinya melakukan olahraga lari, maka efek alkohol yang yang telah berubah menjadi racun tersimpan di dalam tubuh tidak sepenuhnya keluar bersama air kencing dan keringat, melainkan masih banyak yang mengendap di dalam jaringan perut yang menjadi biang keladi pemicu rasa mual setelah olahraga selesai.

11. Perut Terlalu Kenyang

Kesalahan besar jika seseorang yang ingin melakukan olahraga sebelumnya menyantap makanan yang berat seperti nasi lengkap bersama lauk pauknya dan ketika dalam keadaan perut penuh dan terlalu kenyang maka lambung akan bekerja berat untuk mencerna dengan baik dan menekan dinding laju sehingga memicu meningkatnya asam lambung setelah olahraga selesai.

12. Karena Sembelit

Seseorang yang mengalami sembelit beberapa hari lebih baik lakukan olahraga yang tidak terlalu banyak menguras energi misalnya jalan pagi dengan kecepatan sedang atau lari santai. Sembelit dapat membuat perut jadi mulas dan nyeri ketika selesai olahraga.

13. Karena Masuk Angin

Ketika tubuh terserang masuk angin janganlah melakukan olahraga apapun. Sembuhkan terlebih dahulu masuk anginnya dengan obat herbal seperti jamu yang dibuat khusus untuk menyembuhkan masuk angin termasuk air jahe hangat. Masuk angin dapat mempercepat timbulnya mual dan perih pada lambung setelah selesai olahraga dan tidak akan melenyapkan masuk angin Anda tetapi sebaliknya memperburuk kondisi tubuh.

14. Karena Penyakit Maag Kronis

Seseorang yang mempunyai penyakit maag kronis dan sering kambuh sebaiknya mencari olahraga yang ringan tetapi teratur dilakukan, misalnya jalan santai pada pagi hari atau kecepatannya disesuaikan kemampuan. Orang yang menderita sakit maag makan akan kambuh (mual mual) setelah selesai olahraga karena berhubungann dengan melonjaknya asam lambung.

15. Jangan Mengkonsumsi Kopi

15 menit sampai 30 menit menjelang olahraga hindarilah minuman kopi dan teh pahit tanpa gula, karena kafein akan memicu perut menderita mual mual dan perih ketika olahraga usai atau bahkan sebelum olahraga selesai.

16. Makanan Berkadar Merkuri Pemicu Mual

Seseorang yang alergi dengan berbagai masakan hasil laut seperti kepiting, lobster, kerang, tiram, bulub babi, belut laut dan sebagainya jangan pernah mengkonsumsinya pada malam hari. Selain akan terkena serangan gatal gatal karena alergi, zat logam yang ada hewan-hewan tersebut dapat mengendap lalu mengikat cairan tubuh dan meningkatkan asam lambung ketika kesesokan harinya ketika Anda menjalankaan olahraga seperti lari pagi atau jalan cepat.

096651300_1471336551-exerciseds17. Karena Diet Ketat

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet ketat sebaiknya melakukan olahraga yang ringan ringan saja, namun dilakukan secara teratur, diet ketat dapat menimbulkan dinding lambung menjadi mudah tertekan dan terluka hingga menyebabkan rasa mual dan perasaan tidak nayaman pada area perut dan kandung kemih.

Cara Mengatasi Mual Ketika Selesai Olahraga

  • Tidak memakan apapun sebelum melakukan olahraga karena hanya akan mengganggu pencernaan ketika mencerna, kondisi ini akan menimbulkan mual
  • Tidak mengkonsumsi kopi atau teh, karena efek kafein dapat memicu naiknya asam lambung
  • Tidak mengkonsumsi susu 15 sampai 30 menit menjelang olahraga
  • Tidak sedang menjalani program penyembuhan penyakit maag
  • Tidak memakai baju terlalu ketat yang dapat menimbulkan penekanan pada seputar perut
  • Tidak menyantap makanan yang pedas, asam, manis dan bersantan sebelum melakukan olahraga
  • Jika badan tidak enak atau terserang masuk angin lebih baik tangguhkan dulu olahraga Anda
  • Jika pagi ingin melakukan olahraga sebaiknya pada malam harinya tidak mengkonsumsi alkohol
  • Melakukan pemanasan dan peregangan tubuh sebelum melakukan olahraga yang sebenarnya
  • Minumlah air putih sebelum olaharaga untuk menghindari dehidrasi ketika sedang berolahraga

Itulah faktor penyebab mual setelah olahraga dan cara mengatasinya. Berolahraga memang baik bagi tubuh, tapi kita juga harus pintar-pintar mempersiapkannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Tips mengurangi resiko cedera saat berolahraga

Terus kunjungi situs https://tehherbaluntukmenyehatkanusus.wordpress.com untuk update informasi menarik dan bermanfaat yang berkaitan dengan kesehatan.

Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Advertisements

One thought on “Faktor Penyebab Mual Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s